Souvenir Unik Murah| O813-2666-1515

Thursday, March 28, 2019

Souvenir Untuk Ibu Pengajian | +62 813-2666-1515

Baca Juga

Souvenir Untuk Ibu Pengajian | +62 813-2666-1515

Souvenir Untuk Ibu Pengajian - Sebuah pengajian biasa dilakukan oleh sekumpulan beberapa orang di suatu tempat yang cukup luas dengan tujuan mempererat tali silaturahmi. Pengajian sendiri bisanya dilakukan oleh muslim dan muslimah pada acara tertentu.  Pengajian juga disebut dengan pengajian ta’lim dimana didalamnya terdapat pemberian ceramah yang menyangkut tentang akhlak manusia selama masa hidup di dunia.

Pengajian terdiri dari beberapa jenis tergantung dengan kondisi serta situasi acara yang ada. Salah satu pengjian yang biasa diselenggarakan adalah pegajian hari – hari besar dalam Islam. Pengajian tersebut bisa disebut juga dengan peringatan hari besar. 

Terdapat beberapa hari-hari istimewa dan hari raya yang ada pada umat muslim, antara lain :

1. Tahun baru Islam ( Muharom )

Tahun baru islam diperingati setiap tanggal 1 Muharom atau biasa disebt 1 Syuro. Dalam masa lampau, peringatan tahun baru islam ( syuro ) dirayakan dengan adat daerah masing – masing. Perayaannya cenderung masih mengandung unsr kejawen atau keyakinan dari nenek moyang tentang kepercayaan dinamisme. Oleh sebab itu dari beberapa orang mengartikan negative dengan perayaan syuro ini.
Namun sekarang perayaan tahun baru islam lebih dibenahi dan mulai memperkuat lagi tentang akidah islam yang sebenarnya. Tidak semeriah tahun baru hijriah, tapi tahun baru islam emiliki cara merayakan sendiri yang sesuai dengan akidah islam. Penggelaran pengajian dalam kurn waktu sehari semalan pada tahun baru islam merupakan salah satu upaya dalam perayaan. Biasanya akan di isi oleh tausiah dan sholawat akbar yang di gelar di beberapa tempat dengan cukup meriah.

2. Ramadhan

Ramadhan merupakan suatu bulan yang sangat penting bagi umat islam, sangat dinanti dan didambakan. Oleh karena itu dalam bulan ramadhan terdapat banyak sekali ritual yang meng khaskan bulan ramadhan. Salah satu yang biasa dilakukan adalah melaksanakan sholat tarawih setelah sholat isya.
Dalam pelaksanaan sholat tarawih biasanya di selangi oleh pengajian yang berisi tausiah setelah sholat dilaksanakan. Selain pengajian tausiah, setelah sholat tarawih juga biasanya melaksanakan ‘ngaji’ bersama yaitu dengan membaca ayat Al – Qur’an secara bersamaan.

3. Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha

Dalam hari raya islam, baik itu idul fitri maupun idul adha keduanya merupakan hari yang sangat di nanti oleh setiap orang muslim, terlagi perayaan Idul Fitri yang perayaannya setelah melaksanakan puasa selama satu bulan penuh ( Ramadhan ).
Dalam perayaan Idul Fitri dikenal juga istilah sholat Id yang dilaksanakan pada 1 Syawal tepat setelah hari terakhir puasa Ramadhan dilaksanakan. Kegiatan sholat dilakukan secara berjamaah di masjid ataupun suatu tempat yang lebih luas. Biasanya setelah sholat Id dilaksanakan, terdapat sebuah pidato dan tausiah dari seorang yang di tunjuk ( baik itu ustad maupun tokoh masyarakat tertentu ). Tujuan pidato ini selain sebagai tausiah mengenai kaidah islam, terdapat juga ungkapan do’a dan rasa syukur karena bisa merasakan indahnya bulan ramadhan dan hari raya besar.

4. Maulid Nabi ( Hari lahir nabi Muhammad SAW )

Maulid nabi merupakan suatu perayaan untuk mengenang hari kelahiran dari Nabi Muhammad SAW. Yang mana perayaan ini di lakukan sekali selama satu tahun tepatnya pada 12 Rabiul Awal tahun Hijriyah. Dalam rangkaian acaranya biasanya terdapat sebuah sholawatan bersama dalam jumlah jamaah yang sangat besar. Tujuannya untuk mengingat setiap apa saja yang dilakukan oleh Nabi Muhammad untuk menegakkan agama Islam. 

5. Pengajian ibu - ibu

Pengajian ibu - ibu biasanya dilakukan oleh sekumpulan ibu - ibu yang berusia hampir setara. Acaranya tidak murni tentang sebuah pengajian saja namun kadang juga terdapat sebuah arisan untuk menambah ketertarikan para jamaahnya. Mungkin pada awalnya pengajian ibu - ibu dilakukan hanya berupa kumpulan biasa secara bersama dan bermakna negatif. Kemudian jaman semakin maju dan membuat orang berpikir untuk mengganti kegiatan berkumpul tersebut menjadi lebih positif seperti sekarang.

Souvenir Untuk Ibu Pengajian | +62 813-2666-1515

Kebanyaakan pengajian perayaan atau peringatan hari besar islam mengusung tema kejawen, salah satu adat paling unik dalam pengajian adat jawa adalah adanya istilah ‘berkat’. Berkat merupakan snack berupa makanan besar seperti nasi rames, nasi rames ini di bawa sendiri oleh orang yang akan mengikuti pengajian untuk kemudian dikumpulkan dan akhirnya dibagikan kembali dengan cara ditukar - tukar. Hal ini cukup lucu karena pengadaan berkat sangat dinanti - nantikan oleh para jamaah mulai dari usia dewasa bahkan anak kecilpun akan sangat menunggu momen pembagian berkat. 5 95


Berkat diambil dari kata berkah yang berarti rejeki halal yang di ridhoi oleh Allah SWT. Seperti dengan namanya, berkat memang membawa berkah yang banyak bagi orang - orang yang datang dalam pengajian.

Jaman sekarang pengajian tidak hanya di berikan sebuah berkat saja, namun sudah mulai memberikan oleh - oleh lain yang lebih barang terapan yang memiliki fungsi artistik. Terlebih lagi pada pengajian yang diselenggarakan perorangan untuk memperingati acara tertentu, seperti pengajian kematian, kelahiran dan pernikahan. Contoh souvenirnya beragam, berikut contoh souvenir pengajian yang umum dipakai.

- Sarung

Sarung bisa menjadi pilihan sebagai souvenir untuk acara tahlilan dan khitanan.

- Mukena

Mukena bisa dijadikan souvenir untuk aqiqahan dan pernikahan.

- Sajadah

Sajadah sangat cocok untuk souvenir oleh - oleh haji atau umroh.

- Jilbab

Jilbab bisa dijadikan souvenir untuk aqiqahan.
Souvenir untuk keperluan pengajian masih banyak lagi, untuk informasi pemesanan souvenir pengajian murah bisa hubungi Telp/SMS/WA +62 813-2666-1515. 

No comments:

Post a Comment

BELANJA ONLINE MUDAH

ORDERNYA MUDAH

BAYARNYA JUGA MUDAH