Contoh Souvenir Pengajian Pernikahan | +62 813-2666-1515 - Souvenir Unik Murah | Souvenir Pernikahan | 0813-2666-1515

Souvenir Unik Murah| O813-2666-1515

Thursday, April 4, 2019

Contoh Souvenir Pengajian Pernikahan | +62 813-2666-1515

Baca Juga

contoh souvenir pengajian pernikahan, +62 813-2666-1515

Contoh Souvenir Pengajian Pernikahan - Upacara pernikahan merupakan suatu ritual yang wajib dilakukan untuk meresmikan sebuah pernikahan. Dalam hal ini setiap orang memiliki caranya tersendiri untuk mengadakan upacara pernikahan, baik menurut daerah bahakan sampai negara yang di tinggali. Dalam setiap daerah memiliki ciri dan caranya masing – masing untuk  merayakan pernikahan. Setiap ritual yang dijalani dalam upacara pernikahan memiliki arti yang cukup sakral, jadi tidak boleh sembarangan dalam menjalankannya.

Dalam setiap ritual mengandung makna tersendiri dan sering juga dikaitkan dengan bagaimana kehidupan kedua penagntin kedepannya. Hal yang sering disangkut pautkan adalah kemakmuran, kesejahteraan, kejayaan dan banyaknya keturunan yang akan diperoleh. Namun ritual dalam pernikahan tidak melulu bersifat sacral dan hidmat, ada juga beberapa ritual pernikahan yang cukup aneh serta nyeleneh. Semua ritual tersebut tergantung dari Negara masing – masing. Berikut contoh adat pernikahan dari berbagai negara di dunia.

1. India
India merupakan sebuah negara timur yang memiliki adat istiadat yang kental dalam berbagai macam tradisi, begitupun dengan upacara pernikahan. Dalam upacara pernikahan adat India ada banyak sekali detil – detil yang harus disiapkan. Mulai dari perlengkapan, tata acara sampai perhiasan yang di pakai. Pada dasarnya India merupakan pemeluk agama Hindu yang sangat ketat oleh karena itu setiap urutan acara dan segala hal yang dipakai memiliki makna dari kepercayaan Hindu itu sendiri.


Seperti pemakaian mehendi pada tangan kedua pengantin saat menikah, mengartikan gambaran akan bagaimana perjalanan pernikahan kedua mempelai akan berjalan. Disebutkan bahwa ketika mehendi yang digambar berwarna jelas, maka perjalanan mereka pernikahannya akan sangat kuat. Ada juga yang menyebutkan bahawa apabila mehendi pada tangan pengantin perempuan maka sang pengantin perempuan akan mendapat lebih banyak kasih sayang dari keluarga sang laki – laki.

Selain mehendi yang sangat khas dengan upacara pernikahan adat India, ada juga perhiasan anting.  Memakai anting saat pernikahan mengartikan bahwa kehidupan kedua mempelai akan hidup makmur dan bahagia. Tidak hanya anting, baik gelang, kalung maupun hiasan kepala juga mengartikan kemakmuran sang perempuan. Jika semakain banyak dia memakai perhiasan saat menikah maka dikehidupan berkeluarga nanti sanga perempuan akan hidup makmur dan bahagia.

2. Thailand
Tidak jauh berbeda dengan India, Thailand juga memiliki upacara pernikahan yang sakral dengan mengangkat adat budayanya serta agama yang dianutnya yaitu Budha. Menurut adat Thailand, pernikahan yang sah tidak hanya didaftarkan kedalam catatan pemerintahan saja namun juga tercatat secara Budha juga. Seperti halnya di Indonesia, di Thailand juga mengadakan system mas kawin sebagai salah satu syarat pernikahan. Mas kawin diberikan oleh pihak laki – laki kepada pihak perempuan, nilai mas kawin yang semakin tinggi menandakan semakin tinggi pula kehormatan dari sang perempuan. 

Untuk pakaian pernikahan, Thailand juga menggunakan pakaian adatnya. Pakaian adat Thailand dirancang khusus oleh ratu Sirikit yang diresmikan pada tahun 1964. Pakaian adat untuk wanita ada 8 jenis dengan desain berbeda, yaitu ruean ton, chit lada, amarin, borom bhiman, chakkri, chakkrabhat, siwalai, dusit dan prayook. Sedangkan untuk pengantin laki – laki pakaian adatnya disebut dengan Phraratchathan, dimana pakaiannya seperti koko dengan bawahan dari selembar kain yang dijadikan seperti berbentuk celana.

contoh souvenir pengajian pernikahan, +62 813-2666-1515

Sedangkan untuk tata acaranya hampir sama dengan tata acara pernikahan Indonesia, dimana dilaksanakan dahulu peresmian yang dihadiri sanak keluarga lalu bertukar cincin kemudian meminta do’a kepada kedua orang tua ( sungkeman dalam istilah Jawa ) dan yang terakhir adalah meminta do’a dari para tamu yang hadir. Inilah inti acara yang sangat khas dengan upacara pernikahan Thailand, dalam acara pemintaan do’a kepada para tamu dan keluarga ini kedua mempelai didudukan secara berjejer dengan sebuah loyang besar dihadapannya kemudian tangan kedua mempelai menjulur seperti posisi meminta uang lalu setiap tamu secara bergantian menuangkan air kepada kedua mempelai sebagai bentuk do’a dan rahmat kepada pengantin.

3. Inggris
Inggris merupakan salah satu negara kerajaan yang sangat kental dengan nuansa bangsawannya begitupun dengan prosesi pernikahannya. Tema yang diusung dalam upacara pernikahan Inggris sudah tidak mengandung unsur ritual yang sakral. Karena berdarah kerajaan, maka Inggris memiliki ke khasannya sendiri dalam setiap prosesi pernikahan. Seperti yang sering dijumpai bahwa beberapa upacara pernikahan sangat royal dan elegan. Meskipun begitu, pernikahan di Inggris juga memiliki tradisi yang tidak boleh dilewatkan, seperti.
  • Jenis cincin yang dijadikan cicin perkawinan harus memiliki unsur bahan emas welsh yang dipercaya merupakan emas terbaik yang ada.
  • Sebuket bunga terlihat sangat khas dengan upacara pernikahan yang mengusung tema royal, namun yang menjadi khas dari buket bunga Inggris adalah keharusan memasukan bunga myrtle kedalamnya. 
  • Foto resmi pernikahan dengan keluarga merupakan hal yang wajib dilakukan di Inggris terutama bagi keluarga kerajaan. Selain dianggap sebagai kenang – kenangan, foto keluarga ini juga mengartikan bahwa ada keluarga baru yang datang ke keluarga tersebut.
  • Gaun pengangantin wanita di Inggris biasanya akan diberi hiasan orange blossom untuk mempercantik gaun.

4. Indonesia
Untuk Indonesia tidak beda jauh dengan adat India dan Thailand yang mana masih sangat kental unsur adat daerahnya. Namun belakangan ini upacara pernikahan di Indonesia juga telah terpengaruhi oleh adat barat seperti Inggris. Beberapa tata cara dicontek untuk akhirnya diakulturasi kedalam adat yang ada di Indonesia.

Indonesia sendiri memiliki banyak sekali adat istiadat pernikahan yang berbeda dikarenakan wilayah Indonesia yang bersuku – suku. Namun pada intinya sama, yaitu mengandung unsur ke Islam-an yang sakral. Seperti adanya prosesi ijab kabul untuk men-sahkan kedua mempelai baru kemudian diadakan upacara pernikahan sesuai dengan adat masing – masing. 5 66

Dalam serangkaian upacara adat, ada satu hal yang menjadi ciri khas yang cukup unik bagi orang Indonesia yaitu pemberian tanda terima kasih berupa makanan yang dioleh – olehkan kepada para tamu. Makanan ini berupa makanan berat seperti nasi dan lauk pauk tertentu. Namun sekarang hal itu sudah terakulturasi dengan budaya luar dimana oleh – oleh tersebut telah berganti kedalam barang terapan atau artistic yang bernilai lebih awet untuk dijadikan oleh – oleh. Berbentuk baru berupa souvenir, tujuannya juga sudah berubah tidak hanya sebagai ucapan terima kasih juga sebagai kenang – kenganan dari mempelai.

Untuk souvenir pernikahan, banyak sekali jenisnya mulai dari gelas cantik, gelas lilin, sajadah, kipas dan benda pajangan lainnya. Untuk informasi penjualan Souvenir Pernikahan bisa hubungi Telp/SMS/WA ke +62 813-2666-1515.

No comments:

Post a Comment

BELANJA ONLINE MUDAH

ORDERNYA MUDAH

BAYARNYA JUGA MUDAH