Souvenir Unik Murah| O813-2666-1515

Thursday, June 20, 2019

UNIK | +62 813-2666-1515 | Souvenir Khatam Quran

Baca Juga

+62 813-2666-1515 ,souvenir khatam quran

Souvenir Khatam Quran - Dalam istilah Islam dikenal sebuah Bahasa yaitu ‘khataman’ yang mana biasa dilakukan setelah selesai dalam pembacaan Al – Qur’an. Secara Bahasa, khataman berasal dari kata khatam yang memiliki arti selesai atau tamat. Hal ini menandakan bahwa seseorang telah menamatkan pembacaan Al – Qur’annya sebanyak 30 juz. Seharusnya seseorang dapat khatam sebelum usianya masuk baligh ( sekitar usia 12 – 13 tahun ). Namun bukan suatu hal yang diwajibkan apalagi dipaksakan karena setiap orang memiliki kemampuannya sendiri dalam menamatkan Al – Qur’an. Nyatanya menamatkan Al – Qur’an bukanlah perkara mudah yang bisa dilakukan dalam hitungan hari, terutama bagi para pemula. Karena membaca Al – Qur’an jauh lebih sulit dari pada membaca tulisna lainnya, lebih sacral dan mempunyai aturan tersendiri. Bagi orang yang sudah mahir membaca Al –Qur’an atau yang pernah menamatkannya sebelumnya akan emmbutuhkan waktu yang lebih sedikit untuk menamatkan ( khatam ) Al – Qur’an.

Setiap orang yang khatam biasanya akan diadakan sebuah syukuran, baik itu kecil maupaun besar. Namun hal ini biasanya dilakukan pada sebuah majlis atau tempat mengaji yang memiliki banyak orang yang telah khatam Al –Qur’an atau pada pondok pesantren yang sudah banyak tersebar di Indonesia.. Biasanya pada majlis pengajian khatam Qur’an ditarget oleh pengajar atau Ustadz agar anak didiknya bisa memiliki pancapaian dalam mengaji. Perayaan khatam Al – Qur’an biasanya dirayakan setahun sekali dimana biasanya di barengkan dengan perayaan penting lainnya seperti hari ulang tahun Sultan atau yang paling sering terjadi di Indonesia adalah beberapa hari sebelum bulan Ramadhan. Acara khataman juga seakan sebagai tanda jika pengajian pada periode itu sudah selesai dan akan dilanjutkan lagi pada tahun pelajaran baru nantinya biasanya setelah bulan Ramadhan. Pada acara perayaan khataman biasanya para santri ngjai akan tampil dengan hapalan Al  - Qur’an yang sebelumnya sudah dilatih dengan para wali santri hadir turut memberikan do’a. selayaknya acara wisuda pada sekolah – sekolah, acara khataman ini dibuat hamper serupa.

Mangkhatamkan pembacaan Al – Qur’an memiliki banyak manfaat dan pahala yang bisa di dapatkan bagi pengkhatam Al – Qur’an. Keutamaannya bahkan disebutkan bahwa siapa pun yang mengkhatamkan Al – Qur’an maka seakan ada jiwa kenabian pada dirinya, hanya saja perbedaanya orang itu tidak menerima wahyu pada dirinya. Dalam riwayat lain disebutkan bahwa mengkhatamkan Al – Qur’an bisa dikatakan sebagai tolak ukur pahala seseorang dan balasannya pada perbuatan – perbuatan lainnya. Seperti ketika membaca satu ayat pada bulan Ramadhan pahalanya sama besar dengan membaca surat Al – ikhlas pada bulan – bulan lainnya. Apalagi mangenai pembacaan Al – Qur’an yang memiliki banyak sekali pahala baik itu pada hari apapun dan waktu kapanpun. Sehingga ketika seseorang telah mengkhatamkan pembacaan Al – Qur’annya tetap harus terus membacanya setiap hari bahkan mengamalkannya. Seperti dalam sebuah Hadist yang menyebutkan tentang keutamaan membaca Al – Qur’an.


Dari hadis tersebut sudah cukup jelas tentang bagaimana baiknya membaca Al – Qur’an, bukan hanya untuk saat ini tapi juga pada masa yang akan datang sampai masa akhirat nanti. Membaca Al – Qur’an memiliki banyak keutamaan yang bisa di dapatkan Antara lain :

- Memberikan ketenangan hati dan pikiran

Pada saat menghadapi masalah biasanya orang selalu mencari tempat pelarian setidaknya untuk bersandar pada saat itu, namun sayangnya pada jaman maju sekarang ini orang selalu mencari tempat pelarian yang salah dan tergolong maksiat. Padahal ada tempat yang bisa untuk menenangkan hati dan pikiran bagitu seseorang sedang dilanda masalah seberat apapun. Yaitu membaca Al – Qur’an. Percayalah bahwa membaca Al – Qur;an bisa meredakan segala perasaan tidak enak pada hati. Karena ketika membaca Al – Qur;an kita seakan mengadu dan berserah pada Allah SWT dan Allah SWT akan memberikan petunjuk langsung kepada orang yang terkena masalah itu.

- Setiap huruf mengandung banyak kebaikan dan pahala

Semua orang Islam menyadari bahwa membaca Al – Qur’an memiliki banyak pahal yang berlipat – lipat. Seperti hitungan satu huruf dengan 27 ganjaran atau satu ayat dengan pahala puasa pada hari – ahari tertentu.

- Pahala bagi orang yang membaca Al – Qur’an secara terbata – bata

Bukan salah, membaca dengan terbata adalah salah satu langkah seseorang akan membaca Al – Qur’an dengan baik. Jadi walaupun membacanya dengan terbata – bata dan tidak jelas tetap saja diberi pahala yang banyak. Tidak berbeda karena Allah Maha Adil jadi tidak perlu khawatir jika orang itu tidak dapat banyak pahala.

- Mendapat syafa’at pada hari kiamat

Membaca Al – Qur’an merupakan perintah wajib bagi umat Nabi Muhammad SAW dan salah satu warisan yang harus diamalkan oleh setiap orang Islam. Orang yang rutin membaca Al – Qur’an akan mendapat syafa’at baik pada hari kiamat. 

+62 813-2666-1515 ,souvenir khatam quran

Dalam prosesi perayaan khataman Al – Qur’an terdapat bebrapa rangkaian yang biasa dilakukan pada acara tersebut. Antara lain :

  1. Pembukaan
  2. Pembacaan ayat suci Al – Qur’an
  3. Penampilan dari santri yang khatam
  4. Do’a – do’a untuk para santri yang khatam
  5. Pemberian piagam khatam Qur’an
  6. Penutup


Biasanya dalam khataman Al – Qur’an tidak hanya diberi piagam saja, namun juga pemberian kenang – kenangan berupa souvenir. Salah satu souvenir khataman Al – Qur’an adalah sajadah souvenir. Untuk informasi lebih lanjut tentang souvenir sajadah bisa menghubungi Telp/SMS/WA ke nomor +62 813-2666-1515. 

No comments:

Post a Comment

BELANJA ONLINE MUDAH

ORDERNYA MUDAH

BAYARNYA JUGA MUDAH