Souvenir Unik Murah| O813-2666-1515

Thursday, September 23, 2021

Mana Yang Diutamakan? Aqiqah Dulu Atau Qurban Dulu? Temukan Jawabannya di Sini

Baca Juga

Mana Yang Diutamakan? Aqiqah Dulu Atau Qurban Dulu? Temukan Jawabannya di Sini

Aqiqah Dulu Atau Qurban Dulu? Pertanyaan tersebut mungkin menjadi salah satu pertanyaan yang sering hinggap di benak Anda. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai mana yang lebih diutamakan. Aqiqah atau Qurban?

Perbedaan dan Persamaan Aqiqah dan Qurban

Aqiqah dan Qurban merupakan salah satu ibadah yang memiliki hukum sunnah menurut Mazhab Syafii. Selain memiliki hukum yang sama, pelaksanaan ibadah ini juga sama sama menyembelih hewan yakni kambing meskipun untuk berqurban bisa menggunakan hewan yang lainnya.

Tak hanya sama sama memiliki persamaan, Aqiqah dan Qurban memiliki perbedaan. Perbedaan dari kedua ibadah sunah ini beberapa di antaranya adalah waktu pelaksanaannya. Waktu pelaksanaan ibadah ini. 

Ibadah Qurban hanya dilakukan ketika bulan Dzulhijah sedangkan pelaksanaan Aqiqah dilakukan mengiringi kelahiran bayi yakni sangat dianjurkan untuk dilakukan pada hari ke tujuh dari kelahiran. Pada dasarnya, Aqiqah merupakan hak seorang anak kepada orang tuanya seperti sabda dari Nabi Muhammad SAW.

Para Ulama sepakat untuk memberikan kelonggaran terhadap orang tua bayi yakni pelaksanaan aqiqah ini bisa dilakukan sampai si bayi berusia baligh. Setelah bebas dari waktu ini, Aqiqah sudah tidak dibebankan lagi kepada orang tuanya sehingga melakukan Aqiqah sendiri lebih baik dari pada tidak sama sekali.

Sedangkan ibadah Qurban merupakan ibadah sunah yang dilakukan oleh orang orang yang mampu untuk membeli hewan Qurban. Lantas mana yang lebih baik di dahulukan? 

Aqiqah Dulu Atau Qurban Dulu?

Jawaban dari pertanyaan ini adalah tergantung momentumnya. Ya, tidak ada prioritas yang mana lebih dahulu namun tergantung momentum. Bagaimana maksudnya? Maksudnya jika rejeki itu tiba ketika mendekati Hari Raya Qurban maka dahulukan Qurban terlebih dahulu namun jika Hari Raya Qurban masih lama tak ada salahnya untuk melaksanakan Aqiqah terlebih dahulu.

Baca Juga : Ide Souvenir Aqiqah

Ketentuan Hewan Aqiqah dan Qurban

Seperti yang telah disinggung di atas jika penyembelihan hewan pada ibadah Aqiqah dan ibadah Qurban umumnya hampir mirip. Berikut ini rincian ketentuannya.

Ketentuan Hewan Aqiqah

Hewan yang digunakan untuk menyempurnakan ibadah Aqiqah adalah kambing maupun domba dalam keadaan sehat serta tidak cacat serta lebih baik hewan yang sudah cukup umur atau sekurang kurangnya dua tahun.

Ketentuan Hewan Quban

Hewan yang bisa diqurbankan beberapa diantaranya adalah unta, sapi, kerbau, kambing, dan domba. Jenisnya lebih beragam dari pada hewan untuk Aqiqah. Hewan yang dikurbankan hendaklah hewan yang jantan, sehat, tidak buta dan dalam kondisi yang prima. Hewan yang dikurbankan juga hendaklah hewan yang memiliki cukup umur.

Nah bagi beberapa orang, juga ada pertanyaan baru yang muncul yakni Bolehkah Aqiqah di Hari Raya Qurban? Ada hukumnya nggak sih? Simak ulasannya berikut ini.

Bolehkah Aqiqah di Hari Raya Qurban

Dikutip dari cirebon.ayoindonesia.com. boleh boleh saja untuk melakukan Aqiqah pada hari raya Qurban sebab pada saat melakukan qurban tidak harus aqiqah terlebih dahulu sehingga sah sah saja untuk melakukan aqiqah pada Hari Raya Qurban.

Nah dari penjelasan ini, tentu saja Anda sudah lebih tercerahkan bukan? Jadi kesimpulannya saat ada pertanyaan Aqiqah dulu atau Qurban dulu maka jawabannya adalah tergantung momentum. Semoga ulasan ini bermanfaat ya!

No comments:

Post a Comment

BELANJA ONLINE MUDAH

ORDERNYA MUDAH

BAYARNYA JUGA MUDAH