Souvenir Unik Murah| O813-2666-1515

Thursday, September 16, 2021

Aqiqah Itu Apa? Apakah Wajib? Temukan Jawabannya di Sini!

Baca Juga

Aqiqah Itu Apa? Apakah Wajib? Temukan Jawabannya di Sini!

Aqiqah Itu Apa? Pertanyaan ini tentu pernah terlintas di benak Anda bukan? Nah ini di bawah ini kita akan membahas tentang apa itu Aqiqah. Aqiqah secara bahasa memiliki arti “memotong” sedangkan menurut istilah aqiqah sendiri dapat diartikan sebagai proses kegiatan menyembelih hewan ternak pada hari ke tujuh setelah melahirkan. Aqiqah ini bertujuan sebagai wujud rasa syukur kita kepada Allah SWT.

Lantas, apakah semua orang yang baru saja dikaruniai bayi akan melaksanakan aqiqah? Apa hukumnya? Berikut ini hukum aqiqah di dalam Islam. Simak selengkapnya ya!

Hukum Aqiqah Itu Sunah atau Wajib?

Hukum Aqiqah sendiri adalah sunah muakkad meskipun kondisi keluarganya kurang mampu. Sunah muakkad sendiri dapat diartikan sebagai ibadah yang sangat sangat dianjurkan oleh Allah untuk dilakukan.

Waktu aqiqah sendiri jika tidak bisa dilakukan pada hari ke 7 bisa dilakukan ketika dewasa. Lantas apakah hukum aqiqah ketika dewasa itu boleh? Tentu saja boleh karena ada kelonggaran namun di batasi sampai si anak baligh. Jika sudah baligh maka sudah tidak disunnahkan lagi melakukan aqiqah dikarenakan sudah jauh dari hari kelahiran. 

Setelah mengetahui hukum melaksanakan aqiqah, mari kita mengetahui aqiqah menurut 4 mazhab. Yuk simak penelusurannya di bawah ini :

Aqiqah Menurut 4 Mazhab

1. Mazhab Hanafi

Mahzab Hanafi berpendapat bahwa hukum melaksanakan aqiqah adalah mubah bukanlah sunah. Di pembahasan karya besar ulama Hanafiy juga tidak ditemukan pembahasan mengenai aqiqah.

2. Mazhab Malikiy

Mahzab Malikiy berpendapat bahwa hukum aqiqah hukumnya sunnah yang disenangi namun tidak wajib sehingga orang tua yang memiliki ekonomi yang berkecukupan bisa mengerjakan dan bagi orang tua yang memiliki ekonomi pas-pasan boleh melakukan juga boleh tidak.

3. Mazhab Syafii 

Mahzab Syafii berpendapat bahwa hukum aqiqah adalah sunah dan pelaksanaannya dilakukan pada hari ke tujuh sejak kelahiran si kecil. Namun jika tidak bisa mengerjakan pada hari ke tujuh maka bisa dilakukan pada hari ke lipatan ke tujuh.

4. Mazhab Hanbali

Mazhab Hanbali juga berpendapat bahwa hukum melakukan Aqiqahnya adalah sunah namun memiliki kedudukan yang cukup penting alias diperioritaskan. 

Mungkin Anda juga mempertanyakan siapa yang berkewajiban untuk melakukan Aqiqah ini, apakah ayahnya? Apakah ibunya? Atau boleh dilakukan keluarganya? 

Aqiqah Kewajiban Siapa?

Sudah jelas bahwa anak adalah tanggung jawab orang tuanya sehingga prosesi aqiqah seorang anak menjadi pertanggung-jawaban penuh kepada kedua orang tuanya. Dari pihak keluarga jika ingin membantupun sangat diperbolehkan. 

Baca Juga : Ide Souvenir Aqiqah

Kegiatan aqiqah sendiri memiliki banyak sekali tujuan, tujuan dari aqiqah ini beberapa diantaranya adalah :

Aqiqah Itu Untuk Apa?

Aqiqah Itu Apa? Apakah Wajib? Temukan Jawabannya di Sini!

1. Mendapatkan pahala

Karena aqiqah merupakan salah satu hal yang baik maka Allah dengan murah hati memberikan pahala pahala yang banyak kepada orang yang ikhlas dalam melakukan kegiatan yang satu ini.

2. Menghilangkan kotoran dan penyakit pada anak

Di dalam prosesi aqiqah, ada proses menyukur rambut bayi dengan niat untuk menghilangkan kotoran dan juga penyakit. Niat ini sangat penting dikarenakan sebagai salah satu bentuk permohonan kepada Allah SWT agar si kecil dijauhkan dari mara bahaya dan penyakit yang mungkin akan menjalari penyakit si anak.

3. Menjalankan sunah 

Nabi juga melakukan sunah ini sehingga dengan kita melakukan kegiatan ini maka kita bisa “menghidupkan” kembali sunah sunah yang pernah dilakukan oleh Nabi yang telah terdahulu.

4. Bentuk pendekatan diri kepada Allah

Selain sebagai bentuk rasa syukur, dengan melaksanakan Aqiqah juga bisa membuat kita semakin dekat kepada Allah karena telah menjalankan salah satu kegiatan baik yang diridhai oleh Allah.

5. Wujud rasa gembira

Saat dikarunia si kecil tentu saja kita akan merasa gembira bukan? Karena itu dengan melaksanakan Aqiqah bisa menjadi wujud rasa syukur telah diberikan karunia yang tak ternilai berupa si kecil.

Nah itulah beberapa pembahasan mengenai aqiqah. Semoga dengan adanya pembahasan ini, Anda bisa jauh lebih paham mengenai aqiqah dan tidak ragu ragu jika ingin menyelenggarakan acara yang satu ini. 

No comments:

Post a Comment

BELANJA ONLINE MUDAH

ORDERNYA MUDAH

BAYARNYA JUGA MUDAH